Menu
Blog Informasi

Jenis Pinjaman Online Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

  • Share
Jenis Pinjaman Online Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya
Jenis Pinjaman Online Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Silahkan datang kesini, bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai Jenis – Jenis Pinjaman Online / Pinjol yang ada di Indonesia. Lewat artikel ini, akan saya jelaskan secara lengkap mengenai apa saja sih jenis pinjaman online.

Inilah Jenis Pinjaman Online di Indonesia

Setelah kemarin saya membagikan artikel mengenai Pengertian Pinjaman Online Beserta Manfaatnya, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai jenis – jenis Pinjol yang ada di Indonesia, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Di Indonesia, Jenis pinjaman online yang disediakan oleh Perusahaan Pinjaman Online / Fintech ada banyak jenisnya, ada pinjaman yang tanpa agunan, multiguna dan sampai yang pinjaman usaha. Berikut ini adalah beberapa jenis pinjaman online yang populer digunakan di Indonesia:

1. Pinjaman Online Kredit Tanpa Agunan (KTA) Online

Jenis aplikasi Pinjaman Dana Online satu ini adalah yang paling diminati di Indonesia dan hampir semua perusahaan P2P lending / Perusahaan Fintech menawarkan kredit uang dengan jenis yang satu ini.

Karena proses pengajuan pinjaman tidak mensyaratkan jaminan apapun dan bebas digunakan untuk kebutuhan apa saja selama bukan untuk tindakan ilegal atau melawan hukum, menjadikan Pinjaman Online jenis KTA sangat populer digunakan.

Selain itu, dengan tanpa adanya agunan serta BI Checking yang singkat, nasabah atau peminjam bisa mendapatkan pinjaman rata-rata maksimal Rp 8.000.000 dengan tenor antara 3,6 sampai dengan 12 bulan.

Untuk Bunga pada KTA Online dari perusahaan fintech tergolong tinggi mulai dari 0,5% -3% per hari dengan denda keterlambatan rata-rata maksimal adalah Rp 150,000 per bulan.

Daya tarik terbesar dari KTA online adalah proses pencairannya yang singkat, yaitu cuma dalam hitungan menit dan jam saja. Hanya dengan bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja debitur sudah bisa mengajukan kredit pinjaman uang. Tentunya, Pinjaman jenis ini bisa menjadi penolong bagi debitur yang tiba-tiba membutuhkan uang dalam jumlah banyak saat waktu mendesak.

Namun yang perlu diperhatikan adalah peminjam juga tentunya harus paham dengan resiko KTA online yang mensyaratkan bunga tinggi dan tenor yang singkat, semakin besar pinjaman maka semakin besar pula cicilannya. Beberapa perusahaan fintech yang telah menyediakan layanan pinjaman KTA online antara lain adalah Kredit Pintar, Tunaiku, dan Julo.

Kelebihan KTA Online: Pencairan cepat, bisa digunakan untuk keperluan apapun, tidak perlu jaminan, tanpa perlu kartu kredit.

Kekurangan KTA Online: Tenor pendek, jumlah plafon sedikit, suku bunga relatif tinggi, biaya administrasi yang besar.

2. Pinjaman Online Kredit Multiguna

Jenis pinjaman online yang kedua adalah Kredit Multiguna. Kredit Multiguna merupakan jenis pinjaman online yang ada di Indonesia yang menyasar para pengusaha kecil dan menengah, sebab  jumlah pinjaman yang akan diberikan cukup besar yaitu bisa mencapai jutaan sampai miliaran rupiah.

Seperti pada KTA online, Pinjaman Online jenis Multiguna ini juga dapat diajukan tanpa adanya agunan. Namun, nantinya tenor pinjaman yang diberikan umumnya akan pendek yaitu maksimal 12 bulan. Sementara untuk besaran bunga, rata-rata lebih tinggi dari KTA online yakni bisa mencapai 3% per bulan, atau 12% per tahun, dan ini belum termasuk biaya administrasi bulanan beserta asuransi. Alasan kenapa suku bunga yang tinggi adalah dikarenakan sumber dana yang diberikan oleh perusahaan pinjaman online masih berasal dari warga, yang tentu saja juga menginginkan keuntungan dalam setiap pinjaman yang diberikan.

Namun, meski bunga yang dibebankan cukup tinggi, ternyata banyak yang mengakui dengan hadirnya pinjaman uang dengan kredit multiguna online sangatlah membantu para pengusaha yang tidak memiliki apapun untuk dijaminkan, seperti properti atau kendaraan bermotor. Selain itu, dengan tidak ada BI checking dan pencairan yang cepat juga menjadi daya tarik dari pinjol jenis ini.

Beberapa perusahaan fintech yang telah menyediakan layanan pinjaman online multiguna antara lain adalah Modalku, KoinWorks, dan Akseleran.

Kelebihan Kredit Multiguna: Plafon pinjaman tinggi, dapat digunakan untuk tujuan apapun , pencairan cepat dan tanpa jaminan, tanpa kartu kredit

Kekurangan Kredit Multiguna: Tenor pinjaman yang singkat, cicilan dan suku bunga yang tinggi.

3. Pinjaman Online Syariah

Jenis Pinjol yang ketiga adalah Pinjaman Online Syariah. Pinjaman Online jenis ini merupakan jenis pinjaman P2P lending dengan skema pembayaran secara syariah, yakni dengan sistem bagi hasil. Ini dilakukan karena lembaga pinjaman online syariah berusaha untuk menghindari riba dengan tidak menerima semua calon debitur.

Pada umumnya, preusahaan Pinjaman uang Syariah nantinya akan mengkaji kelayakan penerima pinjaman sebelum kemudian berdiskusi dengan calon debitur tentang kesanggupan mereka dalam membayar cicilan. Biasanya perusahaan yang memberikan pinjaman jenis ini akan meminta imbal balik sebesar 20%.

Pinjaman Syariah lebih banyak menyasar kaum pengusaha, karena ada imbal balik yang dihasilkan. Sementara untuk pinjaman individu sebenarnya juga ada, tapi tidak banyak dan dengan menerapkan suku bunga pinjaman yang ringan yaitu antara 1-2% saja.

Perlu diketahui, tidak semua individu maupun pengusaha dapat mengajukan pinjaman jenis ini. Sebab rata-rata perusahaan pinjaman online syariah akan menolak bisnis-bisnis yang masuk dalam kategori riba seperti industri rokok, minuman keras, obat terlarang, babi, perjudian, prostitusi, dan lain-lain. Jadi, tidak heran apabila nasabah pinjaman syariah kebanyakan bukan berasal dari industri kecil dan menengah, melainkan dari perusahaan nasional.

Beberapa perusahaan fintech yang telah menyediakan layanan pinjaman online syariah diantaranya adalah Investree, Ammana, Dana Syariah, Danakoo dan Alamisharia.

Kelebihan Pinjol Syariah: Tanpa adanya riba karena menerapkan sistem bagi hasil, bunga pinjaman relatif kecil, tidak perlu kartu kredit, bisa menjadi investasi yang menjanjikan.

Kekurangan Pinjol Syariah: Tidak semua pembisnis bisa mengajukan pinjaman ini, cuma untuk kalangan pebisnis tertentu, proses pengajuan sulit karena harus melalui beberapa tahap verifikasi, pencairan lebih lama dibanding dengan jenis pinjol KTA dan Multiguna, tenor pinjaman singat yang bisa menyebabkan cicilan jadi tinggi.

Referensi: CekAja

Akhir Kata

Demikianlah artikel berjudul Jenis Pinjaman Online Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang membutuhkannya. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *